5 Informasi yang harus Didapat Sebelum Mendaki Gunung

5 Informasi yang harus Didapat Sebelum Mendaki Gunung

Dalam mendaki gunung, tujuan utamanya hanyalah ingin mendaki hingga ke puncak tertinggi dari gunung tersebut bukan? Namun tahukah anda, pulang ke rumah dan berkumpul bersama dengan keluarga ialah hal yang terpenting dalam mendaki gunung. Dalam program pendakian gunung, terdapat beberapa hal yang wajib dipersiapkan seorang pendaki supaya kegiatan pendakian sanggup sukses dan lancar. Setidaknya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dengan sebanar-benarnya.

5 Informasi yang harus Didapat Sebelum Mendaki Gunung
Tetapi, untuk permulaan, anda perlu menyimak 5 Informasi yang harus Didapat Sebelum Mendaki Gunung :

1. Anda Harus Mempersiapkan Mental dan Fisik Anda Sebelum Pergi Mendaki

Kegiatan pendakian gunung merupakan suatu kegiatan yang sangat menguras banyak tenaga bagi pelakunya. Hal ini disebabkan karenan memang medannya naik turun. Bahkan kadang cuaca diatas gunungpun sansgat tidak dekat dan sanggup berubah-ubah setiap saat. Oleh lantaran itu fisik harus dipersiapkan serta mental pun juga demikian. Persiapan fisik itu sanggup dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur minimal setiap satu bulan sekali sebelum anda melaksanakan pendakian. Dengan melaksanakan olahraga secara teratur, maka anggota badan akan terbiasa bergerak dan sanggup menghindari terjadinya keram disaat mendaki.

2. Bawalah Perlengkapan Pendakian

Mendaki gunung itu ternayta memang bukan hal yang simpel. Selain itu persiapan fisik dan mental, persiapan alat pendakian juga wajib anda perhatikan. Peralatan yang biasanya dibawa berupa tenda, sepatu hiking, sleeping bag, jaket sesuai ketinggiannya, makanan dan minuman yang cukup, alat masak, obat-obatan dan lain sebagainya. Anda jangan membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Kalau anda membawa barang yang terlalu berlebihan, maka dikhawatiran sanggup mengganggu perjalanan anda. Misalnya tas yang anda bawa jadi tidak stabil. Juga disarankan bagi anda semoga seluruh barang yang dibawa dimasukkan ke dalam tas carrier dan hindarilah menentang barang. Dengan tidak menenteng apapun juga, maka akan memudahkan tangan anda untuk melaksanakan gerakan apa saja untuk membantu anda mendaki ataupun menuruni gunung.

3. Kenalilah Gejala AMS

AMS maksudnya Acute Mountain Sickness ataupun penyakit ketinggian diaatas gunung. Menurut tanda-tanda dan juga levelnya, AMS dibagi jadi tiga bagian, yaitu AMS ringan, AMS sedang dan AMS berat.  ‘’Sebanyak 75 persen kasus yang terjadi, AMS biasanya terjadi disaat pendaki mencapai ketinggian 3.000 – 4.000 mdpl. Gejala munculnya AMS biasanya muncul 12 hingga 24 jam sehabis pendaki datang di ketinggian tersebut, ‘’ujar Mountain Guide di Indonesia Expeditions, Rahman Muchlis di program ‘’Sharing Tips dan Pengalaman Mendaki Gunung di Atas 4.000 mdpl’’ di Consina Store Buaran, Jakarta tanggal 25 Februari 2017.

Gejala yang muncul biasanya ditandai dengan sakit kepala, kehilangan nafsu makan, mual, tidur terganggu, sesak nafas, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka solusinya yaitu pendaki harus tetap sadar dan tetap beraktivitas ringan.  ‘’Anda jangan mendai ke daerah yang lebih tinggi, kalau gejalanya makin parah, maka disarankan untuk turun ke daerah yang lebih rendah, ‘’ ujar Rahman. Bagi para pendaki, hal yang penting untuk dilakukan ialah mempelajari teknik-teknik aklimatisasi untuk sanggup menghindari tanda-tanda AMS.

4. Uruslah Izin Pendakian

Hal ini merupakan hal yang sangat penting ketika hendak melaksanakan pendakian. Dengan mengurus izin pendakian terlebih  dahulu, maka pendaki tersebut akan terdata oleh petugas setempat. Hal ini sangatlah bermanfaat bila ada pendaki yang tersesat ataupun belum menawarkan kabar sama sekali, maka dengan begitu petugas akan segera melaksanakan tindakan. Di dalam data disaat registrasi izin juga biasanya terdapat surat izin dari dokter dan tertulis juga riwata penyakit disana. Dengan hal ini, maka petugas sanggup dengan sempurna membawa perlengkapan yang diharapkan khususnya obat-obatan dan penanganan yang khusus bila penyakit pendaki tersebut sedang kambuh.

5. Berteduhlah Bila Hujan Sedang Turun

Seringkali cuaca di atas gunung cepat berganti tanpa sanggup kita sadari. Di pagi hari matahari sanggup bersinar dengan sangat cerah, tapi pada siang harinya sanggup jadi hujan dengan tiba-tiba turun dengan sangat lebat. Dalam hal ini para pendaki harus waspada dengan pergantian cuaca ini.  ‘’Jika hujan turun dengan tiba-tiba disaat sedang mendaki, maka disarankan untuk berhenti sejenak dan menciptakan tenda untuk sementara waktu berteduh. Hindarilah juga berteduh di bawah pohon yang sudah renta yang ratingnya sudah rapuh,’’ ujar salah satu pemandu gunung profesional berjulukan Fandhi Ahmad kepada Kompas Travel senin. 24 Februari 2017.

Itulah 5 Informasi yang harus Didapat Sebelum Mendaki Gunung karena pentingnya informasi itu untuk keselamat pendaki jangan lupa harus tetap waspada pada kaadaan alam karena cuaca kadang berubah tanpa kita ketahui.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *