Macam Macam Alergi Kulit Pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Kulit bayi yang masih sangat tipis dan lembut memang akan lebih rentan terhadap alergi. Terlebih lagi jika buah hati Anda memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Alergi kulit tidak hanya disebabkan dari segi makanan atau susu saja, akan tetapi juga bisa disebabkan karena debu, kotoran, bulu, tungau atau yang lainnya.

Macam Macam Alergi Kulit Pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan kondisi buah hatinya agar terhindarkan dari yang namanya alergi. Jika alergi yang dialami buah hati Anda abaikan begitu saja, tentunya hal ini dapat semakin parah.

Berikut ini ada beberapa macam alergi kulit yang terjadi pada kulit bayi, diantaranya yaitu:

1. Alergi kulit eksim
Ruam pada kulit yang disebabkan oleh eksim dapat menimbulkan benjolan merah berukuran kecil. Sedangkan untuk alergi jenis ini pun bisa ditimbulkan karena adanya faktor genetik maupun lingkungan.

Namun faktor penyebab yang sering kali menimbulkan alergi eksim yaitu kain, cuaca panas, sabun maupun yang lainnya. Bayi yang berusia di bawah 6 bulan memang akan sering kali mengalami alergi jenis ini pada bagian dahi, wajah dan juga kulit kepala.

Namun jika anak sudah berusia 6 bulan sampai 1 tahun, maka alergi tersebut dapat muncul pada bagian siku atau lutut.

2. Alergi Papular urticaria
Alergi jenis papular urticaria dapat terjadi karena adanya gigitan serangga sebagai pemicu benjolan ruam. Sedangkan jenis serangga yang menjadi penyebabnya yaitu seperti nyamuk, kutu kasur, kutu maupun yang lainnya. Bayi yang berusia 2 sampai 6 tahun dapat mengalami alergi jenis ini.

Akan tetapi untuk bayi yang berusia di bawah 6 tahun pun juga bisa mengalami alergi jenis ini. Sedangkan untuk alergi jenis ini pun dapat bertahan sampai beberapa hari bahkan hingga dalam hitungan minggu.

3. Alergi bintik-bintik merah
Pada saat alergi pada substansi tertentu, maka tubuh melepaskan senyawa kimia histamin sebagai pemicu timbulnya bintik-bintik merah maupun dengan gejala alergi yang lainnya. Bintik merah pada kulit dapat menimbulkan rasa yang gatal. Bahkan hal ini pun sering kali meninggalkan bekas pada kulit bayi.

Ukuran dan bentuk dari alergi kulit cukuplah beragam, namun yang pasti untuk warna alergi tersebut berwarna merah atau merah muda. Alergi ini biasanya berkelompok dan bisa muncul di beberapa bagian tubuh.

4. Alergi beberapa jenis makanan
Bayi yang mengalami alergi kulit pada jenis makanan sudah menjadi hal yang sering kali terjadi. Pada biasanya, alergi kulit yang disebabkan karena makanan yaitu timbulnya bintik merah batuk, gatal, diare, muntah, bahkan sampai dengan buang air besar dan mengeluarkan darah.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi, salah satunya seperti produk susu maupun produk makanan yang lainnya. Ketika bayi sudah mengkonsumsi Mpasi, maka di sinilah kemunculan alergi terhadap makanan bisa saja terjadi pada buah hati Anda.

Apabila bayi sudah menimbulkan gejala alergi setelah selang beberapa jam, maka Anda harus menggantikan makanan dan jangan memberikan makanan yang dapat menimbulkan alergi lagi. Apabila alergi tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Bayi yang mengalami alergi tidak hanya mengganggu kenyamanan saja, namun juga bisa menjadikan bayi berubah menjadi rewel, karena rasa sakit yang dirasakannya. Dengan demikian, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda segera cek alergi dengan mengonsultasikan ke dokter agar alergi yang dialami buah hati Anda bisa segera di atasi dengan baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *