Berita Sepakbola Terkini: Generasi U-16 Indonesia Jadi Harapan Masa Depan

Jika banyak diantara Anda melihat tim sepak bola Indonesia jelek kualitasnya dibandingkan dengan tim-tim nasional lainnya, Anda tentu perlu memikirkan ulang soal ini. Tentu beberapa fans sepak bola nasional sering tidak puas dengan performa timnas Indonesia di panggung internasional akhir-akhir ini, tapi di sisi lain, generasi muda sepak bola Indonesia ternyata sangat berprestasi.

Mungkin diantara Anda ada yang sudah dengar berita sepakbola terkini tentang kemenangan timnas pelajar U-16 Indonesia mampu mempertahankan status juara pada Boys U-16 Gothia Cup 2019 di Cina. Kemenangan ini diumumkan pada dunia pada 16 Agustus 2019 lalu setelah timnas U-16 berhasil mengalahkan timnas asal Afrika Selatan. Tim Afrika yang lebih dikenal dengan nama Eastern High School FC ini, bahkan kalah 5-0. Prestasi ini diwujudkan dengan talenta para pemain U-16 Indonesia serta dukungan Kemenpora dan Aqua sebagai sponsor. Sebelumnya, pemain muda Indonesia ini sudah memiliki track record yang baik. Sebagai contoh, tim ini sudah pernah menjuarai Malaysia Borneo Football Cup di tahun 2017.

Saat diwawancarai, pelatih timnas U-16, Maman Suraman mengatakan bahwa ia bersyukur akan performa anak-anak asuhannya yang mampu menjuarai turnamen internasional lagi. Ia juga memuji talenta dan kualitas permainan masing – masing anggota yang membuat ia tenang mengirim mereka bertempur di lapangan hijau internasional. Pujian dari pelatih ini tentu tidak sembarangan. Pada catatan permainan di sejarah timnas U-16, generasi yang sekarang ini aktif, dinilai sebagai yang terbaik. Berita sepakbola terkini, pada catatan gol yang dihasilkan saja, tim pelajar ini sudah mencetak total 34 gol sejak fase grup sampai final di turnamen internasional. Selain itu, penjaga gawang tim pelajar ini juga hanya kebobolan satu kali saja. Tim yang dibentuk dari Piala Menpora 2018 ini sepertinya akan kembali berkembang hebat di kancah internasional.

Nah, dari prestasi kaum muda Indonesia ini, Anda tentu bisa melihat bagaimana perkembangan Indonesia kedepannya. Dalam melatih talenta muda, sekarang ini sudah banyak jalan yang disediakan pemerintah untuk menempa hal ini. Program pelatihan khusus dari Menpora dan pengadaan pagelaran turnamen bola pelajar adalah hal yang baik. Seperti yang terjadi pada tim U-16 yang sekarang ini, jika makin banyak turnamen bola pelajar, proses merekrut siswa yang berprestasi dalam bola jadi lebih mudah. Di jalur prestasi sepak bola sendiri, Anda juga bisa melihat partisipasi perusahaan dalam perkembanganya. Melihat beberapa brand seperti Aqua ataupun Biskuat menjadi sponsor program pelatihan pelajar untuk menjadi atlet sepak bola tentu adalah hal yang baik. Anda juga tentu pernah mendengar program pelatihan ke luar negeri bagi para siswa lolos seleksi para perusahaan ini. Beberapa pemain bola muda yang sudah berlatih di luar ini, tentu kualitasnya lebih baik daripada yang hanya ada di Indonesia.

Tentu saat ini, prestasi para pemain di Indonesia masih belum sebanding dengan pemain yang besar di Liga Eropa. Tapi pemupukan bakat di kaum muda akan menunjukan hasil positif di masa-masa selanjutnya. Walaupun para pemain muda ini nantinya tidak bermain di dalam negeri, kita tentu akan patut bangga melihat mereka bermain di tim luar negeri berkat talentanya. Berita sepakbola terkini, saat ini banyak pemain Indonesia yang di rekrut oleh tim di Liga China, Malaysia dan Thailand. Jika tren ini berlanjut, bisa saja ada pemain Indonesia yang aktif di liga-liga yang lebih besar. Nah, karena itu kita patut bangga dan mengacungi jempol untuk prestasi para pemuda timnas U-16 yang sekarang meniti sejarah perkembangan sepak bola Indonesia. Kedepannya kita sebagai fans bola nasional, tentu harus mendukung perkembangan dan pemupukan bakat para atlet muda Indonesia. Cara yang paling mudah adalah memperlihatkan dukungan. Dukungan ini bisa dengan mengucapkan selamat di sosial media, menonton pertandingan secara langsung ataupun bahkan mendorong siswa kenalan Anda untuk ikut program pelatihan bola yang ada. Jika terus didukung, tentu masa depan sepak bola Indonesia akan makin cerah! Untuk membaca berita sepakbola terkini lainnya, kunjungi situs Bola Nusantara.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *