Perbedaan Mobil Jepang dan Amerika

Perbedaan Mobil Jepang dan Amerika- Ada beberapa hal yang biasanya diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil. Selain harga dan fitur keselamatan, asal pabrik produsennya juga perlu dipertimbangkan. Selain sebagai jaminan mutu dan kualitas, hal ini juga akan membantu saat akan melakukan penyervisan. Bagi Anda yang masih pemula di dunia otomotif, berikut ini beberapa perbedaan antara mobil produksi Jepang dan Amerika.

Memiliki Tampilan Eksterior yang Berbeda

Perbedaan pertama antara mobil Jepang dan Amerika adalah tampilan luarnya yang cukup mencolok. Mobil produksi Jepang cenderung memiliki tampilan yang simpel dan ekonomis. Beberapa tipe mobil buatan JepangĀ  ini bahkan menonjolkan sisi futuristik yang membuatnya terlihat elegan dan sesuai dengan minat kaum milenial.

Sedangkan mobil pabrikan Amerika cenderung memiliki tampilan luar yang gagah dan terkesan garang. Tak heran jika mobil buatan Amerika banyak disukai oleh kaum lelaki yang menginginkan mobil dengan kesan macho dan terlihat mewah. Mobil Amerika juga menjadi salah satu primadona di pasar otomotif dunia karena banyak kelebihan lain yang dimilikinya.

Spesifikasi Mesin yang Berbeda

Tidak hanya bagian luarnya saja yang berbeda, mobil Jepang dan Amerika juga memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Misalnya saja, mobil buatan Jepang yang dikenal dengan performanya yang prima serta mesinnya yang lebih irit bahan bakar dari mobil pabrikan lainnya. Selain ekonomis, mobil buatan Jepang seperti Toyota Calya juga dirancang efisien serta dapat melaju kencang. Kebanyakan mobil produksi negeri sakura ini juga memiliki transmisi matic agar tidak perlu memindahkan gigi saat terjadi kemacetan di jam-jam sibuk.

Mobil pabrikan Amerika dibekali kapasitas mesin yang besar serta performanya yang cukup prima. Sayangnya, kapasitas mesin ini masih belum terlalu canggih jika dibandingkan dengan mobil buatan Jepang dan Eropa. Selain itu, trasmisi yang digunakan mobil Amerika umumnya adalah manual karena banyaknya jalan bebas hambatan yang ada di negara asalnya. Akselerasi mobil ini juga lebih baik dan responsif dibandingkan mobil matic.

Penempatan Aki yang Berbeda

Tidak hanya soal mesin dan tampilan luar, mobil Jepang dan Amerika juga memiliki penempatan Aki yang berbeda satu sama lain. Mobil pabrikan Jepang dengan tampilan simpel dan mesin prima menempatkan Aki di bagian depan mobil. Hal ini akan lebih memudahkan saat melakukan servis secara berkala untuk perawatan mesin.

Mobil buatan Amerika meski memiliki tampilan gagah dengan mesin yang besar menempatkan aki di bagian tengah dan belakang mobil. Mobil-mobil Amerika dan Eropa beberapa tahun terakhir sudah menempatkan aki di bagian tengah dan belakang rangka mobil dengan alasan keselamatan. Meski begitu, Anda memerlukan tenaga ahli yang profesional jika terjadi masalah pada mesin.

Penempatan Bagian Setir yang Berbeda

Tidak hanya bagian eksterior dan mesin saja, mobil Jepang dan Amerika juga memiliki perbedaan dalam penataan interior mobil. Hal yang paling mencolok adalah penempatan setir yang berbeda. Mobil buatan Jepang yang mendominasi daerah Asia menempatkan setir di sebeah kanan sesuai dengan budaya setempat.

Sedangkan mobil pabrikan Amerika menempatkan setir pada bagian kiri sama seperti mobil buatan Eropa lainnya. Selain itu, interior mobil buatan Jepang terkesan lebih simpel namun elegan. Sedangkan mobil buatan Amerika memiliki kesan mewah dan eksklusif seperti tampilan luarnya yang berbeda dari mobil pabrikan lainnya.

Itulah beberapa perbedaan antara mobil Jepang dan Amerika. Tampilan eksterior dan interior, performa mesin, serta penempatan setir dan aki adalah beberapa perbedaan di antara keduanya. Selain itu dari segi harga, mobil asal Jepang cenderung lebih ekonomis dan dapat dibeli dengan cara kredit. Sedangkan mobil buatan Amerika hanya dapat dibeli secara tunai dan memiliki harga yang cenderung lebih mahal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *