Tiga Alternatif Investasi Jangka Pendek

investasi adalah sebuah aktivitas yang mana menempatkan dana dalam satu periode tertentu yang dilakukan oleh seseorang. Kegiatan ini dilakukan dengan menaruh harapan nantinya bisa menghasilkan keuntungan dan juga meningkatkan nilai investasi. Kenapa banyak yang melakukan investasi di sebuah bisnis? Investasi ini bisa meningkatkan aset yang dimiliki seseorang. Selain itu manfaat dari investasi bisa dijadikan sebagai salah satu cara memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Investasi juga dibedakan menjadi investasi jangka panjang dan jangka pendek. Ulasan kali ini akan membahas mengenai alternatif investasi jangka pendek yang bisa dicoba.

Apakah investasi aman untuk dilakukan? Bagi anda yang masih terbilang baru dan ingin mencoba investasi untuk pertama kalinya maka akan lebih cocok untuk memilih menggunakan investasi jangka pendek. Investasi yang baik harus anda pilih dengan benar sehingga nantinya manfaat atau tujuan dari investasi bisa didapatkan. 3 bentuk investasi jangka pendek yang bisa digunakan adalah investasi deposito, reksa dana, dan peer to peer lending. Cobalah untuk memilih salah satu jenis investasi tersebut sehingga bisa mengetahui hasilnya dengan lebih cepat dan tahu apakah rugi atau tidaknya. Sangat cocok digunakan oleh anda yang terbilang masih baru dibidang investasi.

Tabungan sering kali dianggap sebagai salah satu bentuk dari investasi. Hal tersebut dikarenakan melalui kegiatan menabung semua orang bisa mendapatkan bunga yang menunjukkan persentase keuntungan ketika menabung dengan walaupun tidak besar, namun walaupun begitu keuntungannya adalah bisa mengisi tabungan dengan jumlah saldo yang anda inginkan. Menabung bisa dilakukan oleh semua orang baik orang dewasa maupun anak kecil bisa bisa melakukannya. Namun walaupun mudah untuk dilakukan oleh semua orang dan bisa mendatangkan keuntungan, tabungan bukanlah sebuah investasi karena tidak bisa mendatangkan keuntungan yang banyak melainkan bisa mendatangkan inflasi. Tentu saja investasi tentu harus bisa mencegah efek inflasi.

Jenis investasi yang pertama yang bisa dicoba adalah deposito. Deposito merupakan salah satu bentuk produk yang dimiliki perbankan. Tujuan dengan adanya deposito ini digunakan untuk membantu para nasabah untuk menyimpan sejumlah dana para nasabah dalam jangka waktu tertentu. Deposito ini tentu saja berbeda dengan tabungan, jika tabungan bisa diambil kapan saja maka berbeda dengan deposito. Deposito ini hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu yang sudah ditetapkan misalnya 3 tahu ataupun 6 tahun. Untuk memulai investasi ini maka modal awal yang dibutuhkan adalah sejumlah 5 juta dengan bunga yang lebih tinggi.

Reksa dana juga sangat cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka pendek. Investasi ini banyak digunakan karena bisa ditarik kapan saja. Reksa dana ini juga bermacam – macam, anda bisa memilih salah satu jenis dari reksa dana yang sesuai keinginan anda. investasi reksa dana ini juga dikelola oleh pihak manajer investasi sehingga anda tidak perlu berpikir pusing dalam pengelolaannya. Sedangkan untuk investasi peer to peer lending menjadi jenis investasi pendek yang lebih baru dibandingkan dengan beberapa investasi di lainnya. Menggunakan investasi ini sangat mudah untuk dilakukan sehingga sangat wajar jika belakangan ini banyak diikuti oleh semua orang. Selain itu anda juga bisa melirik investasi fintek yang tentu saja bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Menggunakan investasi jangka pendek tersebut tentu bisa melatih anda untuk bergabung dengan dunia investasi dalam menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *