Tips Pindahan Rumah Lebih Nyaman

 

Mencari rumah baru menjadi sebuah pekerjaan yang susah-susah gampang. Apalagi di padatnya ibu kota. Beberapa pemukiman di daerah Jakarta sudah cukup padat, hal ini membuat beberapa orang yang memiliki pekerjaan di Jakarta mencari rumah di daerah sekitar Jakarta, salah satunya adalah Bekasi. Beberapa pemukiman warga berupa perumahan masih banyak terdapat disini, seperti di daerah Pondok Gede, Bekasi Timur, atau bahkan di Bintara, Bekasi Barat yang berbatasan dengan Kota Jakarta. Lokasi-lokasi sekitar Jakarta bisa menjadi pilihan Anda dalam memilih rumah baru.

Rumah adalah bagian penting dalam kehidupan. Rumah menjadi tempat kita beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Oleh sebab itu, rumah haruslah nyaman dan membuat kita betah di dalamnya. Tapi tahukah Anda bahwa lingkungan sekitar rumah juga mempengaruhi kehidupan sehari-hari? Lingkungan rumah yang aman dan nyaman akan membuat Anda lebih merasa tenang dan bahagia. Lingkungan rumah yang tidak aman tentu akan merepotkan keseharian anda. Selain itu lingkungan rumah yang tidak nyaman juga dapat mempengaruhi emosi Anda. Bagi Anda yang ingin pindah atau membeli rumah baru, haruslah lebih teliti dalam memilih hunian baru. Berikut tips memilih rumah baru yang ingin Anda tempati.

1. Bebas Dari Resiko Bencana Alam.

Bencana alam seperti banjir, sering kali terjadi lingkungan pemukiman warga. Banjir paling sering terjadi karena beberapa pemukiman warga ada di dataran yang rendah. Selain itu kebiasaan buruk warga sekitar membuang sampah di sungai juga merupakan faktor terjadinya bencana alam banjir. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin membeli rumah baru perhatikan kontur alam serta potensi bencana yang mungkin saja bisa terjadi di lingkungan rumah baru Anda. Telusurilah wilayah tempat anda ingin membeli rumah. Pilihlah lingkungan yang tidak memiliki potensi bencana alam apapun, maka Anda pun akan merasa lebih aman untuk tinggal di rumah baru Anda.

2. Sumber Daya Alam Yang Memadai

Banyak pemukiman warga, terutama perumahan kekurangan sumber daya air atau bahkan memiliki kualitas air yang buruk. Beberapa warga yang tinggal di daerah tersebut pun harus membeli air PAM untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Pilihlah pemukiman yang memiliki sumber daya alam yang cukup. Dengan sumber daya alam yang cukup, kebutuhan sehari-hari anda pun akan terpenuhi. Hal ini tentu akan membuat rumah Anda terasa nyaman untuk ditinggali.

3. Aman Dari Tindak Kejahatan

Keamanan rumah menjadi hal terpenting dalam memilih rumah. Berbagai tindak kejahatan sangat sering terjadi di daerah pemukiman warga. Apalagi pemukiman warga  yang memiliki kondisi sepi. Kejadian pencurian biasa terjadi di pemukiman warga yang memiliki jalanan yang sepi dari lalu lalang orang serta kendaraan. Apalagi saat liburan panjang sekolah dan liburan hari raya, ketika sebagian penduduk banyak yang pergi meninggalkan rumahnya. Hal ini merupakan kesempatan bagi pencuri untuk melakukan aksinya. Begitu pula tindakan kriminal lain seperti penculikan, dan pemerkosaan atau bahkan pembunuhan, sering terjadi di lingkungan pemukiman yang sepi. Peran petugas keamanan atau linmas sangat penting untuk menjaga keamanan sebuah lingkungan. Pastikan lingkungan hunian baru Anda memiliki petugas keamanan selain itu pastikan juga rumah baru Anda memiliki keamanan yang mendukung.

4. Letaknya Strategis

Strategisnya sebuah wilayah ternyata dapat mempengaruhi mobilitas kehidupan sehari-hari Anda. Lingkungan rumah yang mudah diakses dari penjuru manapun, memudahkan Anda untuk bepergian, serta mempermudah juga tamu yang ingin datang mengunjungi rumah Anda. Lingkungan rumah yang memiliki kondisi jalanan yang macet akan mempersulit Anda, apalagi bagi Anda yang bekerja jauh dari rumah Anda. Lingkungan rumah yang jauh dari kemacetan dan akses jalan yang baik adalah hal yang juga mesti diperhatikan dalam memilih rumah baru. Sarana dan prasarana di sekitar rumah pun harus memadai. Adanya sarana seperti rumah sakit, pos pemadam kebakaran, bank, dan pusat perbelanjaan juga membantu kelancaran kehidupan Anda. Pastikan lingkungan hunian baru Anda memiliki itu semua.

5. Kondisi Rumah

Kondisi rumah adalah hal terpenting dalam memilih rumah baru. Jangan sampai Anda seperti membeli kucing dalam karung. Pastikan rumah pilihan Anda masih dalam kondisi baik. Perhatikan atap rumah, apakah masih dalam keadaan baik atau sudah mengalami kebocoran. Lalu periksa juga dinding, apakah masih kokoh, serta cat pada dinding apakah sudah pudar dan berjamur. Periksa juga jaringan listrik serta pompa air, pastikan dapat bekerja dengan baik. Periksa juga kamar mandi dan saluran air. Pastikan bersih dan masih dapat digunakan.

6. Harga Yang Sesuai

Satu lagi hal terpenting dalam memilih hunian baru, yaitu harga dari rumah yang ingin dibeli. Pastikan harga rumah sesuai dengan budget yang Anda siapkan. Harga hunian juga harus sesuai dengan kondisi rumah Anda. Apabila kondisi rumah kurang baik, sebaiknya harga tidak terlalu tinggi. Apabila pembelian rumah harus dengan uang muka serta cicilan, maka pastikan Anda sanggup untuk membayarnya. Sehingga tidak ada beban saat Anda sudah menempati rumah baru Anda.

Dari tips-tips memilih hunian baru di atas, Anda bisa mencari rumah baru yang cocok dengan keinginan Anda. Anda dapat menelusuri beberapa wilayah yang sesuai dengan lingkungan yang Anda inginkan. List lingkungan rumah serta rumah yang ingin Anda dapatkan. Kemudian survei lokasi tempat anda akan memberi rumah baru Anda. Anda dapat melakukan survei dengan mencari keyword di mesin pencarian online, Misalnya ‘rumah dijual di Bintara, maka akan muncul rumah dijual yang berlokasi di kawasan tersebut. Pilihlah harga yang paling pas menurut Anda. Pastikan rumah dijual oleh pemilik atau agensi rumah yang terpercaya. Semoga tips di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *