Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari, Yuk Catat!

Dalam Permenkes No. 28 Tahun 2019 menyebutkan bahwa rata-rata angka kecukupan energi seseorang adalah sekitar 2.100 kilo kalori per hari per orang. Sementara, rata-rata protein yang dibutuhkan adalah sekitar 57 gram per hari per orang (source: sehatq.com). Jika kurang, tentu bisa memicu munculnya penyakit serius yang bisa membahayakan tubuh. Saking bahayanya, bisa menyebabkan kematian yang mana akan sangat merugikan jika penderitanya tidak memiliki Asuransi Jiwa Murni karena akan timbul kerugian finansial akibat kematian anggota keluarga yang menjadi sumber nafkah bagi keluarganya.

Untuk itu, supaya Anda tidak dijangkiti penyakit serius tersebut dan keluarga tetap terlindungi dengan baik, maka konsumsilah makanan sehat berikut setiap hari. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut daftarnya!
1. Buah-buahan

Tak hanya menyegarkan, mengonsumsi buah-buahan juga bagus untuk kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Misalnya saja, vitamin C, kalium, serat, antioksidan, dan lain sebagainya. Bukan cuma itu saja, mengonsumsi buah-buahan secara rutin juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan lainnya.

Beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi seperti apel, jeruk, pisang, alpukat, berry-berryan, dan buah lainnya.

2. Sayuran hijau

Selain buah-buahan, Anda juga wajib mengonsumsi sayuran hijau karena mengandung nutrisi penting seperti kalium, folat, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin K, vitamin C, vitamin A, serat, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.
Beberapa pilihannya seperti bayam, selada, kangkung, brokoli, sawi hijau, mentimun, dan masih banyak yang lainnya.

3. Daging & telur

Daging termasuk salah satu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari karena mengandung zat besi dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Daging sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga berat badan (terlebih jika memilih daging tidak berlemak), mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan kulit, dan sebagainya.
Bukan hanya daging, Anda pun disarankan mengonsumsi telur karena kaya akan kandungan antioksidan, lemak tak jenuh, mineral, dan vitamin sehingga sangat menyehatkan tubuh.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jika menyebutkan makanan sehat, maka jangan sampai melupakan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen, chia seed, almond, mete, kacang tanah karena makanan tersebut sarat akan nutrisi. Sebut saja, vitamin R, magnesium, vitamin, protein, serat, dan masih banyak nutrisi lainnya.
Semua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menyehatkan tulang, memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, dan lainnya.
Selain keempat makanan di atas, Anda juga wajib mengonsumsi susu dan olahannya serta ikan dan makanan laut lainnya. Semoga artikelnya bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *