Di Samping Efek Negatifnya, Ternyata Ganja Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

 

Ganja  memang termasuk sebagai salah satu jenis tanaman yang cukup kontroversial, karena meskipun di satu sisi memberikan banyak dampak buruk, namun ia juga digunakan dalam dunia medis atau pengobatan. Mariyuana ini pada dasarnya berasal dari tanaman yaitu Cannabis sativa, setidaknya terkandung 100 bahan kimia berbeda yang ada di dalamnya, masing-masing senyawa kimia yang ada di dalam mariyuana ini memberikan efek yang berbeda-beda bagi tubuh.

Kebanyakan diantara pemakaian mariyuana ini sendiri adalah dengan dibakar seperti rokok, kemudian akan dihisap. Memang pada dasarnya tidak hanya daunnya saja yang banyak dipakai, melainkan juga bagian-bagian lain, seperti diantaranya adalah bunga, biji sampai dengan batangnya juga akan dimanfaatkan sebagai bahan untuk rokok, namun tentunya tindakan yang ilegal. Selain itu tak jarang beberapa jenis makanan juga akan mencampurkan daunnya, karena memberikan efek ketagihan kepada mereka yang mengonsumsi.

Pada dasarnya mariyuana ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, sehingga digunakan dalam dunia medis, diantaranya adalah:

  1. Dapat mencegah glaukoma, glaukoma ini sendiri adalah penyakit yang meningkatkan tekanan pada bola mata, tentunya dapat merusak saraf optik dan juga menyebabkan seseorang terjangkit nantinya akan kehilangan penglihatannya secara bertahap. Berdasarkan sebuah penelitian ditemukan bahwa manfaat dari mariyuana ini dapat menurunkan tekanan pada bola mata tersebut, efeknya tentu akan memperlambat penyakit tersebut.
  2. Dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, dalam sebuah penelitian ditemukan, bahwa orang-orang yang kehilangan kemampuan atau fungsi parunya karena pemakaian rokok secara berlebihan justru bisa meningkatkan kapasitas dari paru-paru mereka. Hal ini diidentikkan dengan pemakaian dari tanaman ini yang biasanya memang dihisap.
  3. Dapat mencegah terjadinya kejang karena epilepsi, kandungan cannabinoid yang ada pada tanaman ini ternyata bisa mengontrol kejang untuk mengendalikan rangsangan, kemudian dapat mengatur tubuh agar relaks.
  4. Bisa mematikan beberapa jenis sel kanker, di dalam cannabinoid terdapat sebuah gen yaitu Id-1, senyawa yang satu ini ternyata dapat mematikan beberapa sel kanker yang berkembang di dalam tubuh manusia. Selain itu nyatanya bahan ini juga dapat mengurangi rasa mual sampai dengan muntah yang terjadi karena efek samping dari kemoterapi.
  5. Mengurangi rasa nyeri kronis, pemakaian tanaman yang satu ini menurut sebuah study ternyata bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit, khususnya yang disebabkan oleh multiple sklerosis, kemudian juga nyeri saraf sampai dengan sindrom iritasi usus. Tanaman yang satu ini memang cukup banyak dimanfaatkan pada beberapa penyakit yang sering kali menyebabkan nyeri kronis, khususnya dalam dunia medis layaknya endometriosis sampai dengan fibromylagia.
  6. Dapat mengatasi masalah kejiwaan, para ahli menemukan bukti bahwa ternyata mariyuana ini bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kejiwaan tertentu, sebut saja diantaranya adalah depresi hingga gejala pasca trauma. Hanya saja memang pemakaian semacam ini bisa menyebabkan efek layaknya ketergantungan.
  7. Dapat dipakai untuk memperlambat perkembangan dari penyakit alzheimer, THC dapat dipakai untuk memperlambat pembentukan plak amiloid, lak tersebut memang bisa menyebabkan atau membunuh sel otak yang memicu alzheimer.

Selain efek buruknya bagi kesehatan, ternyata di satu sisi ganja juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Itulah mengapa masih menjadi kontroversi terkait dengan budidaya dari tanaman yang satu ini, sehingga di beberapa daerah terkadang masih banyak yang membudidayakan tanaman tersebut, begitu juga pada dunia pendidikan medis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *